Cara Hidup Sehat ala Rasulullah

Rasulullah SAW adalah insan mulia dengan riwayat sakit paling jarang. Beliau senantiasa dalam keadaan sehat sekalipun melaksanakan tugas dakwah kerasulan yang teramat berat dan menguras pikiran serta tenaga.

Apa rahasia dibalik kesehatan beliau?
Berikut ini adalah beberapa cara hidup sehat yang selalu beliau amalkan:

1. Selalu bangun sebelum subuh
Rasulullah mengajak umatnya bangun sebelum subuh untuk melaksanakan shalat sunnah dan shalat subuh berjamaah. Hikmahnya adalah mendapat limpahan pahala, kesegaran udara subuh yang baik terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Asupan oksigen yang masih bebas polusi bisa menyehatkan otak.

2. Aktif menjaga kebersihan
Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi.

3. Tidak pernah makan berlebihan
Rasulullah mengajarkan untuk mengisi perut kita dengan 3 hal secara seimbang: sepertiga diisi dengan makanan, sepertiganya dengan air, dan sepertiga sisanya untuk bernapas (diisi dengan udara).
Sabda Rasulullah:”Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kami makan, tidak terlalu banyak(tidak sampai kekenyangan)”.

4. Gemar berjalan kaki
Rasulullah berjalan kaki ketika ke masjid, pasar, ke medan jihad, ataupun sekedar mengunjungi rumah sahabat. Dengan berjalan kaki peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

5. Tidak pemarah
Nasihat Rasulullah:”Jangan marah”, diulangi tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, tetapi pada kebersihan jiwa.
Bila kita marah, cara paling mudah adalah mengubah posisi ketika marah. Jika sedang berdiri, maka duduklah. Jika sedang duduk, maka berbaringlah. Kemudian membaca ta’awudz serta mengambil air wudhu. Karena marah itu asalnya dari setan, dan setan terbuat dari api, maka padamkan dengan air wudhu.

6. Optimis dan tidak berputus asa
Sikap optimis memberikan kekuatan tersendiri bagi kelapangan jiwa, selain itu perlu juga memperbanyak sabar, istiqamah, serta tawakal kepada Allah SWT.

7. Tidak pernah iri hati
Kita perlu menjauhi sifat iri hati karena penting untuk menjaga kebersihan hati dan kesehatan jiwa. Kita harus selalu berdo’a: “Ya Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat-sifat mazmumah (mendatangkan keburukan pada diri) dan hiasilah diriku dengan sifat-sifat mahmudah (mendatangkan kebaikan pada diri)”.

8. Pemaaf
Pemaaf adalah sifat terpuji yang bisa mendatangkan ketenteraman hati dan jiwa. Memaafkan orang lain akan membebaskan diri kita dari belenggu kemarahan. Ketika kita marah, marah itu akan melekat pada hati. Karenanya, mari menjadilan diri kita seorang yang pemaaf, karena dengan memaafkan akan membuat jiwa menjadi lapang dan badan akan selalu sehat.
Bahagia sebenarnya bukan mendapat, tetapi dengan memberi. Sebenarnya, banyak lagi cara hidup sehat Rasulullah SAW, namun setidaknya 8 cara hidup sehat ala Rasulullah tersebut cukup membantu kita menjalani hidup sehat.

 Semoga bermanfaat
Terimakasih

source

52 komentar:

Subanallah.. inilah kemuliaan rasul akhirul zaman. Sudilah kiranya berkunjung ke blog saya

blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

subhanalloh,, cara yg sangat simple untuk sehat.. namun entah kenapa sulit dilakukan..
semoga kedepan'y bisa ngikutin cara sehat ala Rasulullah saw...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Seandainya bisa dengan telaten melaksanakan ini, subhanallah manfaatnya :)

subhanallah !!!!
informasi menarikkk

alhamdulillah...ilmu yg sangat bermanfaat semoga berkah

jika kita mengikuti gaya hidup sehat rasullulah

insya allah kita terhidar dari berbagai macam penyakit

Artikel yang bagus, semoga bermanfaat untuk orang banyak. terimakasi infonya.
kunjungan balik blog saya juga.

Semoga bisa melaksanakan cara hidup sehat ini, ya allah.
Nice tips, admin :)

ilmu yg sangat bermanfaat semoga barokah

Rasulullah SAW sebagai utusan Allah SWT memang ditakdirkan sehat untuk menjalankan tugas-tugas kenabian, kunjungan balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

Allahumma shalli ala Muhammad

Trims infonya

Subhanalloh, Semoga kita semua bisa menjalaninya.

kereen...... subhanallah

Terima kasih, artikel yg bermanfaat. Izin share ya..

wah ternyata...
semoga kita diberikan kesehatan
salam kenal

cream walet
noni shampoo

Terimakasih banyak atas infonya sob. salam kenal aja

sipp...mantab artikelnya...sangat bermanfaat...izin copas y :)

http://jagadkawula.blogspot.com/

bermanfaat

salam sehat..

kunjungi jg link berikut
http://kesehatan.ilmci.com

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

Terima kasih atas artikel kesehatannya, sangat bermanfaat bagi kami yang mencari informasi kesehatan.
Tips Kesehatan dan Kecantikan

menarik sekali artikelnya..semoga bermanfaat

www.sahabat-plastik.com

Dengan mengikuti tips dan cara artikel di atas sangat bisa sekali untuk menjaga kehidupan ini agar tetap sehat, terima kasih. Tips Kesehatan dan Kecantikan

Sangat baik cara diatas untuk dicoba, terima kasih sudah sharing. Tetap terus berbagi :) Tips Kesehatan dan Kecantikan

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

cara artikel di atas sangat bisa sekali untuk menjaga kehidupan ini agar tetap sehat..
makasih banyak atas infonya sangat menarik dan sangat bermanfaat.

Hampir semua orang ingin sekali hidupnya sehat, tapi tidak banyak yang memperjuangkan agar bisa hidupnya sehat terus..

Rasulullah memang tauladan yang paling baik.

Salam Kenal Mas Boss..???
Blognya mantab pake banget, Lengkapnya juga pake banget, Inspirasinya pake Oke deh....

Perkenalkan Kami dari Prodis Advertising, perusahaan periklanan PPC Indonesia menawarkan kerjasama untuk menjadi Publisher atau penerbit iklan Kami. Persyaratannya sangat mudah, Anda cukup menyediakan ruang atau space di website Anda untuk memasang script iklan kami.

Berikut ini beberapa kelebihan yang kami tawarkan dalam kerjasaman ini:
1. Pendaftaran GRATIS
2. Prosentase pembagian komisi besar jika dibandingkan dengan ppc indonesia lainnya, yaitu 60% dari CPC Advertiser.
3. Pembayaran komisi tepat waktu dan tidak ada potongan apapun
4. Jadwal pembayaran komisi 2 (dua) kali dalam sebulan setiap tanggal 15 dan 30, dengan minimal saldo sudah terkumpul sebesar Rp. 25.000.
5. Tidak ada syarat dan ketentuan terhadap komisi klik yang di dapat. Iklan kami dapat klik di blog Anda, kami bayar 60% x cpc
6. Kami memiliki banyak Advertiser, dengan berbagai macam produk iklan yang bisa dipasang di blog/website Anda.
7. Tidak ada batas minimal impressi (view), blog barupun akan kami approve jika konten blog berkualitas dan tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar hukum negara republik Indonesia.

Dalam rangka menjaga kualitas periklanan kami, maka kami tidak sembarangan memilih atau mengajak kerjasama calon publisher maupun advertiser. Karena hal tersebut, sengaja penawaran ini kami kirimkan karena hasil pengamatan kami kualitas Materi Blog/website Anda sangat bermanfaat, positif dan menginspirasi.

Mari bergabung bersama kami, untuk mendapat penghasilan dari blog yang lebih mudah dengan komisi yang lebih besar. Keterangan lebih lengkap dan hal-hal lain yang berhubungan dengan layanan kami, silahkan kunjungi website kami: http://promosidisini.com/

Demikian, semoga dapat terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan sejak hari ini dan selamanya.

Hormat Kami,

Thx buat infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/naik-mobil-atau-sepeda-mana-yang-lebih-buat-bahagia/

Alhamdulillah Insya Allah bakalan berkah untuk kita semua

http://dailygoldenews.blogspot.com/2017/03/larangan-keluar-saat-maghrib.html
http://doelupdates.blogspot.com/2017/02/fakta-perbedaan-laki-laki-yang-mencari.html
http://sindoupdate.blogspot.com/2016/11/jokowi-berharap-tidak-ada-demonstrasi.html
http://beritaterupdate24.blogspot.com/2016/11/1000-mahasiswa-muslim-akan-demo-di.html
http://nafsusexliar.blogspot.com/2017/02/supirku-pemuas-nafsuku.html
http://mediapulik.blogspot.com/2017/02/beredar-kabar-pilkada-15-februari-2017.html
http://suararakyat24.blogspot.com/2017/02/menurut-pengacara-firza-husein-ada.html
http://seputarindonesia24.blogspot.com/2016/11/penampakan-bangkai-pesawat-mh370-di.html
http://ayongerumpiyok.blogspot.com/2017/02/akibat-pernikahan-dini.html
http://kasqqagenjudiaman.blogspot.com/2017/02/selingkuh-dengan-keponakan-istriku.html
http://likalikuhidupkita.blogspot.com/2017/02/10-tanda-cowo-kalau-sudah-mengatakan.html
http://infojudidomino.blogspot.com/2016/11/tidak-ada-dalam-sejarah-di-indonesia.html

Post a Comment

Site Search